Penilaian MUI Mengenai BBM Bersubsidi

Penilaian MUI mengenai BBM bersubsidi. MUI menilai orang kaya yang menggunakan BBM bersubsidi sama dengan orang yang merampas hak orang miskin. Kalau itu sudah ditetapkan sebagai hak bagi orang yang tidak mampu oleh pemerintah, itu berarti merampas hak orang lain yakni orang miskin artinya masuk kategori dosa kalau sampai ada yang menggunakan tapi tidak punya hak," ujar Ketua MUI Amidhan kepada detikcom, Rabu (29/6/2011).

Amidhan mengatakan, MUI belum mengeluarkan fatwa haram terkait soal ini. Namun pihaknya memiliki rencana agar larangan orang kaya menggunakan BBM bersubsidi dibahas dalam komisi pengkajian MUI.

"MUI sampai saat ini belum mengeluarkan fatwa. Selama ini yang beredar KH Ma'ruf Amin ditanya oleh wartawan dan mengemukakan perspektifnya soal itu. Bahwa orang kaya yang mengambil hak orang miskin itu haram, dosa. Karena beliau meninjau dari sudut hak. Tapi ini sama sekali belum ada pembicaraan untuk mengeluarkan fatwa, kita harus bahas dulu karena tidak mudah mengeluarkan fatwa," jelasnya.

Amidhan menjelaskan pemahaman haram dan dosa memiliki dasar argumentasi yang diatur dalam Al Quran dan hadist. Ia menyakini larangan orang kaya menggunakan BBM subsidi sebagai perbuatan dosa.

"Dalam surat Al Anfaal ayat 8 mengatakan seburuk-buruknya menurut pandangan Allah makhluk yang bergerak adalah tuli dan bisu dan tidak menggunakan akalnya dia tidak mengerti dan tidak mau mengerti. Kalau lah sudah dinyatakan BBM bersubsidi menjadi hak orang tidak mampu, orang kaya harus mengerti itu bukan haknya. Itu kan berarti sama dengan merampas. Kalau itu tetap dilakukan orang kaya berarti sama dengan serakah," tegasnya.

Namun Amidhan menilai sulit menentukan dan mengkategorikan orang mampu dan tidak mampu. Mestinya ada pengeklompokkan khusus bagi siapa saja yang berhak mendapat BBM bersubsidi.

"Seperti untuk angkutan massal, sepeda motor, truk angkutan itu boleh (BBM bersubsidi). Bukan mobil pribadi. Masa mobilnya Alphard pakainya premium, itu serakah," imbuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

About Me

yani
seorang isteri yang luar biasa
Lihat profil lengkapku

Followers

point blank

point blank

histats